back

Pembukaan

next

 

Keluarga adalah lingkungan pertama dan utama yang memegang tanggung jawab mendidik anak dan mempersiapkannya untuk memasuki kehidupan bermasya-rakat, supaya menjadi insan yang baik dan dapat memainkan peran positif demi kelangsungan masyarakat tersebut dengan aktifitas dan kreatifitasnya. Keluarga merupakan tempat pertama yang berpengaruh dalam mencetak insan masa depan. Karena itulah, Islam meberikan perhatiannya yang sangat besar terhadapnya dengan menentukan batas dan hukum-hukumnya demi terciptanya sebuah keluarga yang harmonis, termasuk di dalamnya yang menyangkut masalah pendidikan anak, baik sisi pengembangan nalar, emosi maupun perilakunya.

       Islam memerintahkan kita untuk menjaga keutuhan keluarga dan menjauhi segala hal yang dikhawatirkan dapat mengancam keselamatannya dan apa-apa yang menciptakan suasana tidak harmonis dan ketegangan dalam keluarga, karena anaklah yang akan menanggung dampak negatif dari keretakan sebuah keluarga yang semestinya melindungi dan mempersiapkannya untuk menjadi insan berguna di masa mendatang. Islam mengajarkan bagaimana kiat terbaik untuk menciptakan suasana harmonis dalam keluarga agar anak dapat melewati masa pertumbuhan jasmani, pikiran, emosi dan perilakunya dengan baik sehingga kelak ia menajdi manusia yang siap menanggung semua beban dan kesulitan hidupnya di masa mendatang.

       Islam melihat bahwa masalah pendidikan sebaiknya sebaiknya dilakukan dari sejak dini, yaitu dimulai dari masa pranikah, lalu masa kehamilan, kemudian masa kelahiran dan masa menyusui, seterusnya masa kanak-kanak dan terakhir masa remaja yang merupakan fase terakhir masa pendidikannya dimana anak telah memiliki kebebasan dalam menentukan sikap dan bertindak setelah rasa percaya dirinya tumbuh dengan sempurna.

       Karenanya, buku kecil ini yang merupakan satu upaya dari kami untuk mengupas masalah pendidikan anak sesuai dengan ajaran Islam kami bagi dalam beberapa bagian. Bagian pertama mengenai konsep umum pendidikan dalam sebuah keluarga. Di bagian kedua, kami kupas fase pertama pendidikan yaitu masa pranikah dan masa kehamilan. Bagian ketiga adalah bagian di mana kami membicarakan fase kedua, yaitu masa kelahiran dan awal kehidupan anak. Setelah itu kami bahas masalah fase ketiga, yaitu masa kanak-kanak di bagian keempat. Pada bagian kelima atau bagian akhir, kami ketengahkan masalah yang menyangkut dengan masa remaja anak. Seluruh topik bahasan ini didasarkan pada ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadits Rasulullah SAWW dan para imam ma’sum a.s. dan didukung dengan komentar para ahli psikologi.

       Hanya dari Allahlah kami memohon pertolongan dan kebenaran.

 

 

index