back

Prakata Penyusun

next

 

Sejak beberapa dekade yang lalu, para ahli telah berusaha untuk mendapatkan metode yang sempurna dalam membimbing anak melewati masa kanak-kanaknya. Banyak riset dan penelitian yang telah mereka lakukan yang menghasilkan beberapa hal penting yang sedikit banyak bermanfaat dalam program pendidikan anak. Namun, tidak dapat dikatakan bahwa mereka telah berhasil merumuskan konsep yang dapat menjawab semua masalah yang berhubungan dengan pendidikan anak. Terlebih lagi, masalah yang dihadapi para pendidik hari demi hari semakin banyak dan rumit.

Hal yang amat disayangkan adalah bahwa sebagian besar kaum muslimin menengok ke dunia pendidikan Barat dalam mengatasi problem yang mereka hadapi. Mereka lupa bahwa agama yang mereka peluk adalah agama sempurna yang memiliki metode jitu dalam mengatasi segala kesulitan termasuk yang menyangkut masalah pendidikan anak. Bahkan, kehidupan Rasulullah SAWW dan Ahlul Baitnya a.s. sangat sarat dengan petuah, ajaran, dan bimbingan untuk seluruh umat manusia, yang sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan. Jika semua bimbingan hidup yang kita dapatkan dari mereka diterapkan dalam kehidupan kita maka kita akan dapat menciptakan manusia-manusia yang bermanfaat bagi masyarakat.

Konsep pendidikan yang bersumber dari Al-Qur’an, hadis Nabi SAWW dan hadis para Imam Ma’shum ini bertujuan menciptakan manusia yang sempurna di masa mendatang. Dalam konsep ini, pendidikan dimulai sejak dari masa prahamil hingga ketika anak sedang melewati masa remajanya.

Buku yang ada di tangan Anda ini mampu mengajak Anda untuk menelaah konsep pendidikan yang ada dalam Islam, dalam rangka mendidik anak agar menjadi manusia yang matang dalam berperilaku, berpikir, dan memiliki jiwa yang sehat. Pembahasan masalah dalam buku ini didukung oleh ayat-ayat Al-Qur’an, hadis Rasulullah SAWW dan para Imam Ma’shum, serta riset yang telah dilakukan oleh para pakar psikologi dan pendidikan.

Kami merasa berbahagia karena berhasil memberikan sumbangsih yang dapat membantu para orang tua dan tenaga pendidik dalam mendidik anak. Semoga isi buku ini dapat diterapkan dalam usaha membuat anak menjadi insan yang bermanfaat di masa mendatang.

 

Wabillahi taufiq wal hidayah      

   Penyusun      

Markaz Al-Risalah  

index