Back

KATA PENGANTAR

Next

 

   

Ya Allah, kami buka pujian  dengan memujiMu Engkaulah penunjuk kebenaran dengan kemurahanMu.

Problem utama yang dihadapi manusia dewasa ini adalah kekosongan iman dan kekeringan rohani. Problem inilah yang menjadi pemicu kebimbangan, kekacauan, kecemasan dan kerancuan pikiran dan psikologi. Hal tersebut juga menyebabkan merosotnya norma-norma kemanusiaan seperti yang terjadi pada masyarakat barat dan sebagian masyarakat Islam.

Pendeknya, dewasa ini dunia tengah menyaksikan degradasi moral dan ketidakberesan cara berpikir, politik, hubungan sosial bahkan dalam skala dunia. Kekuatan dan kekerasan menjadi bahasa yang lazim, penindasan dan penganiayaan menjadi simbol kemenangan. pengerusakan dan teror pikiran serta kebudayaan terjadi di semua bidang sehingga benar jika dikatakan bahwa dunia telah dipenuhi oleh kezaliman, kedurjanaan dan kekufuran.

Nilai-nilai akhlaqi dan insani seakan tak bertuah lagi. Keadilan dan kejujuran sudah merupakan barang langka. Logika ilmu dan dasar logika yang benar tidak lagi menjadi panutan, kecuali pada kesempatan dan tempo tertentu. Fenomena ini sangat jelas mewarnai kehidupan manusia, tanpa memerlukan bukti yang lain.

Pada keadaan yang dipenuhi oleh kecemasan akan masa depan dan diselimuti oleh awan tebal sehingga kebenaran nyaris tertutupi sama sekali. Di sela-sela kekhawatiran dan ketakutan yang dialami oleh seorang muslim, khususnya setelah media barat dengan segala caranya yang keji gencar melakukan pencucian otak dan pengkotoran pikiran dengan slogan-slogan yang menarik dan head line yang ditulis dengan huruf besar. Dengan ini mereka hampir dapat menjaring para pemikir dan cendekiawan muslim dalam jumlah besar dan nyaris mengeluarkan  mereka dari agama mereka.

Melihat kenyataan diatas, demi menjawab tantangan perang  budaya yang tengah dihadapi umat Islam, demi tersebarnya kebenaran Islam, ilmu-ilmu, hukum-hukum, aqidah, pandangan-pandangan dan teori-teori yang dikemukakan oleh Islam di segala segi kehidupan manusia yang bermacam-macam, demi pencerahan dan penerangan pikiran, demi untuk menuntun tangan pemuda cendekiawan muslim dan melindunginya dari tipu daya mereka yang keji terhadap Islam juga fitnah yang mereka tebarkan. Demi semua hal di atas, program ini dijalankan oleh Markaz Risalah untuk melaksanakan peranannya dalam bidang ini sebagai medan ilmiah bagi kaum cerdik pandai yang sesuai dengan kegiatan ilmiah yang biasa dilakukan oleh yayasan-yayasan Islam dan pusat-pusat pengkajian Islam yang tersebar di seluruh dunia.

Karena itulah kami melihat pentingnya membuka aktifitas ilmiah dengan mengemukakan masalah-masalah yang menyangkut aqidah Islam, yang diselimuti oleh hal-hal yang meragukan dan menjadi lahan bagi  mereka yang berusaha menimbulkan keragu-raguan dan  menghujatnya sepanjang sejarah. Dan sekarang masalah-masalah ini merupakan santapan empuk bagi serangan buas perang peradaban ini, yang telah dirancang oleh tuan-tuan dari Barat yang salibis dan kafir, musuh-musuh Islam, seperti yang kita saksikan sendiri dalam banyak tulisan dan karya mereka yang menghujat masalah “Al Mahdi yang dijanjikan” dengan berkedok ilmiah. Padahal sasaran anak panah mereka sebenarnya adalah aqidah dan ide-ide agama kita yang berlandaskan wahyu Ilahi, Al Qur’an dan Sunnah.

Jika usul kami dalam menerbitkan buku ini dapat menjadi alasan yang tepat untuk memulai aktifitas-aktifitas ilmiah kita -seperti yang kami yakini-, Insya Allah kami akan  berusaha memberikan sumbangsih kepada pustaka Islam dengan hal-hal yang murni Islami dan penuh manfaat.

Akhirnya dari Dialah kami memohon bantuan dan bimBingan. Dialah yang mencukupi kita dan Dialah sebaik-baik yang mewakili  urusan kita.

 

Markaz Risalah

 

index